Keunikan Danau Sentani

Keunikan Danau Sentani Danau Sentani terletak di Jayapura, Keunikan Danau Sentani banyak sekali. Dari nama Sentani itu sendiri memiliki arti yang unik, kehidupan bawah lautnya yang dihuni oleh 30 spesies ikan tawar, serta festival Danau Sentani yang sangat kaya akan budaya, dan danau sentani memiliki 22 pulau yang tersebar di sekitar danau.

Danau Sentani adalah danau luas yang terlihat sangat cantik dengan perbukitan hijau di sekitarnya. Danau Sentani tidak hanya digunakan sebagai sumber air tetapi juga digunakan sebagai objek wisata di Jayapura.

Menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Jayapura, Danau Sentani memiliki banyak keunikan dan juga sangat indah jika dibandingkan dengan danau di indonesia lainnya. Danau Sentani Tidak kalah cantik dari Raja Ampat. Mari kita simak Keunikan Danau Sentai.




keunikan danau sentani
Danau Sentani






1. Keunikan Nama Sentani



Makna di balik nama Sentani dapat diartikan sebagai harapan bagi orang Papua. Nama Sentani berarti "di sini kita hidup dalam damai". Nama itu disematkan di danau cantik ini oleh seorang pendeta Kristen BL Bin pada tahun 1898.


Makna yang ada pada nama Sentani memang membawa pesan perdamaian yang harus bisa diterapkan di semua bidang kehidupan. Dimanapun kita berada, di papua maupun di seluruh Indonesia. Bagaimana, sangat unik bukan, itu keunikan danau sentani yang hanya dari namanya saja, bagaimana dengan keunikan danau sentani lainnya? Sangat penasaran bukan. yuu, lanjut di baca.




2. Danau Sentani dihuni oleh 30 spesies ikan






keunikan danau sentani
Ikan Danau Sentani



Ada 30 spesies ikan air tawar yang hidup di danau Sentani yang memiliki luas 9.360 hektar, terletak di ketinggian 75 mdpl dan memiliki sumber daya alam yang kaya. Dari 20 Spesies ikan air tawar, Empat diantaranta merupakan spesies endemik yang hanya ada di Sentani. Keempat spesies tersebut adalah ikan gabus Danau Sentani (Oxyeleotris heterodon), ikan pelangi Sentani (Chilatherina sentaniensis), ikan pelangi merah (Glossolepis incisus) dan gergaji gergaji (Pristis microdon). 


Danau Sentani memiliki berbagai macam kehidupan laut dan telah digunakan untuk budidaya ikan air tawar. Selain sebagai budidaya Danau Sentani juga digunakan sebagai lokasi wisata untuk berenang, berperahu, menyelam, memancing, ski air dan wisata kuliner. Di antara empat ikan endemik di danau Sentani yang populasinya menyusut adalah ikan gabus di Danau Sentani, ini karena telur ikan dimakan oleh ikan gabus spesies lain. Ikannya unik-unik bukan dan tentunya anda tidak boleh melupakan berkunjung ke danau sentani saat libur nanti untuk menikmati keunikan danau sentani.


Kita harus sama sama menjaga keunikan danau sentani ini, terutama spesies ikan air tawarnya. Walau pun salah satunya diakibatkan oleh ikan lain, Kita harus menjaga nya dengan tidak mencemari lingkungan, yang berkunjung ke danau sentani buang sampahnya pada tempatnya yaa!!. agar Keunikan danau sentani terjaga hingga anak cucu kita. Jika anda pecinta Diving ada tempat di Papua yang wajib anda kunjungi, keanekaragaman biota lautnya dapat menghipnotis kalian yaitu Pulau Misool di Raja Ampat.




3. Memiliki Bukit Teletubbies





keunikan danau sentani
Bukit Teletubbies

Apakah Sobat ingat Teletubbies? Dalam kartun teletubbies perbukitan hijau yang bergelombang merupakan sebagi rumah teletubbies. Tidak hanya di kartun teletubibies saja, Bukit Teletubbies rupanya ada di Danau Sentani. Di sekitar danau sentani, ada perbukitan hijau bergelombang yang sangat mirip dengan yang ada di kartun teletubbies.


Jangan-jangan rumah teletubbies terinspirasi dari danau sentani, luar biasa buka Keunikan Danau Sentani, Mau tau cara yang paling asik untuk menikmati bukit teletubbies ini? Baca nya di abisin yaa, sampe akhir.


Ada dua cara untuk menikmati keindahan Bukit Teletubbies ini dari kejauhan. Yang pertama adalah ketika Sobat naik ke pesawat. Jika duduk di tepi jendela maka secara otomatis akan melihat pemandangan indah bukit teletubbies. Kedua adalah dengan mendaki ke Monumen MacArthur. Tempat ini berada di Pegunungan Cyclops, pasukan Kodam Jaya Complex 8 Trikora, markas besar TNI.




4. Festifal Danau Sentani




keunikan danau sentani
Fastival Danau Sentani


Festifal Danau Sentani merupakan festifal tahunan pariwisata yang diadakan di sekitar Danau Sentani. Festifal ini diadakan sejak tahun 2007 dan telah menjadi perayaan rutin setiap tahunnya dan termasuk dalam wisata utama. Festifal Danau Sentani diikuti oleh banyak turis terutama turis dari Belanda. 


Fastifal Danau Sentani menyajikan beragam budaya diantaranya dengan upacara adat seperti penobatan dan menyajikan berbagai kulin tarian tradisional di atas kapal, tarian perang khas Papua,  Ondoafi khas Papua. Perayaan ini diikuti oleh seluruh masyarakat di Kabupaten dan Kota Jayapura.


Selain melestarikan budaya, Festifal ini adalah bukti persatuan di tanah Papua, di mana seluruh warga jayapura saling bantu membantu agar festifal berjalan lancar, walaupun sering berbenturan karena berbagai masalah perbedaan tetapi mereka tetap saling membantu demi melestarikan budaya. Karena festifal mereka melupakan berbagai hal masalah antar suku, itu lah diantara keunikan danau sentani yang tak ada duanya.


Perayaan ini menggabungkan konten alam dan budaya dari wilayah Tabi asli, yang dihuni oleh 16 sub-suku. Festifal Danau Sentani diadakan setiap bulan Juni setiap tahun. Jadi jika Anda ingin menyaksikan perayaan ini, maka datanglah ke Danau Sentani, Jayapura pada bulan Juni mendatang.



Transportasi


Untuk menikmati keunikan danau sentani Sobat dapat melakukan penerbangan menuju bandara sentani di kabupaten Jayapura, Dengan transit terlebih dahulu di Makassar. Biaya penerbangan dari Jakarta kisaran Rp. 1.000.000, Setelah di Bandara Sentani Sobat bisa dapat mengunjungi Danau Sentani yang berada di Jayapura dengan transportasi darat, Sobat bisa langsung menyewa mobil untuk memudahkan berkeliling Danau Sentani.


Atau Sobat dapat menggunakan Transportasi menuju danau sentani dengan taksi bandara  Sobat dikenakan biaya Rp.350000, Sobat juga dapat mengunakna Transportasi menuju danau sentani menggunakan Bus Damri dengan biaya RP.50.000,


Penginapan


Bagi Sobat yang berkunjung ke Danau Sentani, Sobat dapat menyewa penginapan di hotel kelas melati, Dengan tarif kamar permalam Rp.250.000, Atau, Bagi Sobat yang ingin mendapatkan pengalaman yang mengangumkan, Sobat dapat menikmati keunikan danau sentani pada malam hari, dengan cara menginap di rumah penduduk dikampung-kampung yang tersebar di Danau Sentani. Sebagian besar penduduk di sekitar Danau Sentani menyediakan homestay.



Oleh oleh 

Saat anda menikamti Keunikan Danau Sentani, Anda jangan lupa untuk membawakan oleh-oleh untuk keluarga tercinta. Anda dapat membeli oleh-oleh khas Danau Sentani di pasar Hamadi. Salah satunya ialah Lukisan Kayu dengan motif khas Danau Sentani, Pastinya tidak ada di tempat lain yang menjualnya, karena ini merupakan lukisan kayu yang khas, Menambah Keunikan Danau Sentani. Dan Pasti keluarga di rumah sangat menyukainya.

Jika anda pecinta Diving anda dapat berkunjung ke Raja Ampat yang merupakan salah satu wisata menyelam terbaik di Dunia.  Tak hanya Danau Sentani dan Raja Ampat saja yang menjadi priadona para wisatawan, Di Papua Selain masih ada beberapa tempat wisata yang sangat indah yang harus Sobat kunjungi, Baca disini 

12 Responses to "Keunikan Danau Sentani"

  1. Wah bukit teletubies..memang nama tu ke?teringat kartun tu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mirip sekali bukan, mungkin terinspirasi dari danau tu..
      terimakasih sudah membaca

      Delete
  2. Mantap.. Bisa menjadi referensi saat berwisata..Barakallah

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti gan, tapi siapin modal yg lebih ya, akses ke papua lumayan mahal..
      kalo udah ada modal kita nebeng ya gan

      Delete
  3. wah enak ni jalan jalan di papua

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan enak lagi pastinya, bahkan salah satu tempat dipapua di juluki surganya dunia..

      http://jalanjalandeso.blogspot.com/2018/07/raja-ampat-surganya-dunia.html

      Delete
  4. memang cocok nih buat tempat liburan biar lupa sama kerjaan untuk sejenak hehe
    berapa biaya nya kira kira buat menuju kesana dan apakan aksesnya juga mudah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat mudah, bisa langsung melalukan penerbangan ke bandara sentani. setelah dari bandara sobat bisa menyewa mobil atau menggunakan Bus Damri

      Delete
  5. Cocok bangat nih buat libur semester

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan dikampus

      Delete
  6. jadi inget kartun waktu masa kecil

    ReplyDelete
  7. hihihi, penikmat teletubbies juga ternyata

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel