Cara Mudah Menuju Raja Ampat


Cara Mudah Menuju Raja Ampat - Siapa yang tidak kenal dengan Raja Ampat? Gugusan Pulau yang indah dan menawan berada di Indonesia Timur tepatnya di Papua, tempat ini sudah sangat di kenal oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Keindahan Alam dan bawah lautnya telah diakui seluruh Dunia. Bahkan setiap weekend Raja Ampat selalu di padati oleh para wisatawan yang ingin menikmati keindahan Raja Ampat. Bahkan para wisatawan memberikan julukan "Raja Ampat Surga Dunia" Tak hanya itu Raja Ampat pun dinobatkan sebagai The Best Dive and The Best Snorkel Site dan wisata bahari Raja Ampat merupakan tempat menyelam terbaik di Dunia.

Raja Ampat merupakan tempat favorit para wisatawan terutama bagi para pecinta Diving, Tetapi tahukah kalian Raja Ampat merupakan Sebuah Kabupaten di Papua Barat sebagai wilayah kepulauan Raja Ampat memiliki 4 pulau besar yaitu Waigeo, Misool, Batanta, dan Salawati. Dan memiliki ratusan Pulau kecil yang belum terekspoitasi.



Lalu bagaimana caranya menuju ke Raja Ampat?


Cara Mudah Menuju Raja Ampat
Raja Ampat

Cara yang pasti adalah kita harus menuju ke Ibu Kota Raja Ampat terlebih dahulu, Berikut panduan menuju ke Waisai Raja Ampat dengan titik utama Jakarta.

1. Melakukan Penerbangan ke Sorong

Sorong merupakan gerbang menuju Raja Ampat, Anda dapat terbang menuju Bandara Domine Eduard Osok di Sorong. Masakapai yang melayani penerbangan Jakarta - Sorong adalah Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Lion Air. Penerbangan tidak langsung menuju ke Sorong anda terlebih dahulu melakuan transit di Makassar.

2. Melakukan Pelayaran Menuju Waisai

Setelah anda mencapai Bandara Domine Eduard Osok di Sorong, Selanjutnya anda harus melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Rakyat Sorong dengan mengunakan angkutan umum atau taksi.

Di pelabuhan Rakyat Sorong anda dapat melakukan pelayaran menuju Wasai Raja Ampat. Ada 2 pilihan transportasi menuju Wasai, yaitu dengan kapal cepat atau kapal lambat. Untuk kapal cepat waktu tempur menuju Wasai sekitar 2 jam dengan 2 jadwal, yaitu jam 9.00 dan jam 14.00 pada hari Senin, Rabu, Jum'at dan jadwal jam 14.00 pada hari Selasa, Kamis, Sabtu, Minggu. Dikenakan biaya sekitar Rp.130000. 

Sedangkan untuk kapal lambat memiliki 4 operator dengan jadwal yang berbeda dengan waktu tempuh sekitar 4 jam dan dikenakan biaya sekitar Rp.100000.


3. Berpetualang di Raja Ampat

Disinilah anda harus mengeluarkan biaya terbesar untuk mencapai tempat wisata di Raja Ampat. Untuk mencapai 3 pulau besar yang ada di Raja Ampat, Misool, Salawati, Batanta anda harus menyewa perahu untuk mencapai 3 pulau tersebut. Dengan biaya sampai jutaan Rupiah tergantung dari negoisasi anda dengan pemilik kapan dan lebih baik berkunjung ke Raja Ampat secara borongan karena bisa lebih hemat.

Untuk pulau Waigeo anda dapat mengunakan kendaraan umum atau dapat menyewa mobil karena lokasi Pulau Waigeo dekat dari Waisai. Atau anda ingin berlibur di dekat-dekat Waisai saja, ada beberapa tujuan wisata di Waisai diantaranya gugusan karang Painemu hingga Telaga Bintang yang dapat ditempuh hanya dengan satu hingga dua jam dengan speedboat.

Jika masih belum puas liburan di Raja Ampat, anda juga bisa mencari souvenir khas Papua di Kota Sorong sebelum pulang. Misalnya saja mencari batik Papua hingga kaos bertuliskan Raja Ampat hingga koteka dan noken.


Kalau masih memiliki waktu lebih, anda juga bisa mengunjungi kota lama Sorong peninggalan Belanda di Pulau Doom. Traveler bisa ke sana dengan menempuh perjalanan laut naik perahu dari Pelabuhan Rakyat Sorong selama 10 menit.


Namun sebelum mulai liburan di Raja Ampat, anda diharuskan membayar biaya masuk untuk mendapat Kartu Tanda Masuk (KTM) di kantor Disparbud Raja Ampat yang ada di Waisai dan Kota Sorong. Harga retribusinya adalah Rp 500 ribu untuk wisatawan nusantara, dan Rp 1 juta untuk wisatawan mancanegara. Walau mahal, tiket berlaku untuk satu tahun.

0 Response to "Cara Mudah Menuju Raja Ampat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel