Air Terjun Batanta Raja Ampat

Air Terjun Batanta Raja Ampat - Siapa yang tidak kenal dengan Raja Ampat, Gugusan pulau yang menawan yang berada di Indonesia Timur Papua ini telah dikenal banyak wisata mancanegara. Keindahan alam dan bawah lautnya telah di akui di seluruh Dunia. Tak heran jika setiap weekend Raja Ampat terutama Pulau Batanta selalu padat di kunjungi wisatawan. Raja Ampat telah di nobatkan sebagai The Best Dive and The Best Snorkel Site dan merupakan tempat penyelaman terbaik di Dunia. Raja Ampat memiliki 4 Pulau besar, Diantaranya yang terkenal adalah Pulau BatantaTiga pulau besar lainnya di Kepulaun Raja Ampat adalah Salawati, WaigeoMisool.  

Pulau Batanta, merupakan salah satu objek wisata di Raja Ampat yang sangat terkenal dan banyak di kunjungi para wisatawan saat liburan, Walaupun Raja Ampat terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya bahkan merupakan tempat menyelam terbaik di dunia, Tetapi Pulau Batanta tidak hanya menawarkan Diving, Di Pulau Batanta tujuan utama wisatawan saat berlibur di Pulau Batanta ialah mengunjungi Air Terjun Batanta.  


Air Terjun Batanta merupakan salah satu objek wisata yang terkenal, banyak wisatawan  berpetualang untuk mencapai lokasi ini. Jarak antara pemukiman penduduk dengan Air Terjun Batanta cukup jauh sekitar 1 Kilometer, Anda harus melakukan trekking ke dalam hutam. Walaupun jaraknya terlihat sangat  jauh tetapi anda tidak akan merasakan lelah, karena di sepanjang trekking di dalam hutan anda akan di suguhkan pemandangan alam yang begitu indah yang membuat anda tidak merasa lelah ketika melakukan trekking menuju Air Terjun Batanta.




Pulau Batanta merupakan salah satu pulau besar di Raja Ampat yang merupakan salah satu objek wisata yang sangat banyak di kunjungi para wisatawan saat liburan
Pulau Batanta


Ditambah dengan udara yang sangat alami dan sejuk, membuat anda selalu segar dan semangat melakukan trekking menuju Air Terjun Batanta. Seperti Pulau lainnya di Raja Ampat, Di Pulau Batanta pun sangat banyak wisatawan yang mengunjungi Ait Terjun Batanta.


Air Terjun Bantanta merupakan salah satu tujuan wisata yang terkenal di Raja Ampat. Dikarenakan tempat yang masih sangat alami dan udara yang sangat sejuk, Dengan ketinggian 10 meter membuat Air Terjun Batnta  begitu megah ditambah dengan airnya yang bening dan bebatuan yang berada di sekitar air terjun batanta menambah keindahannya. Saat wisatawan berkunjung ke Raja Ampat, wisata air terjun batanta merupakan yang paling banyak di kunjungi, jadi jangan heran ketika anda berkunjung ke Pulau Batantan sangat banyak  oleh para wisatawan yang untuk menikmati keindahan Air Terjun Batanta.


Yang membuat Air Terjun Batanta berbeda dengan air terjun lainnya, Terdapat gua kecil yang tersembunyi di balik Air Terjun Batanta. Ukuran gua tidak terlalu besar, Hanya dapat menampung 5 sampai 6 orang.




Pulau Batanta merupakan salah satu pulau besar di Raja Ampat yang merupakan salah satu objek wisata yang sangat banyak di kunjungi para wisatawan saat liburan
air terjun Batanta


Lokasi didalam gua merupakan lokasi favorite para wisatawan setelah berenang, Debit air di sana tidak terlalu deras karena jarang sekali hujan. Di dalam gua Anda bisa bisa duduk dan menikmati pemandangan sekita Air Terjun Batanta dan jika anda beruntung anda akan melihat pelangi dari balik air terjun, tentunya sangat mengagumkan.



Anda selain dapat mengunjungi air terjun yang unik ini, anda juga dapat menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Batanta. Wisata bahari yang ada di Batanta wajib anda nikmati, karena selain beraneka ragam ikan dan terumbu karang ternyata Pulau Batanta menjadi saksi bisu atas tragedi perang dunia II yang dimana Indonesia terlibat di dalamnya. Selain Pulau Salawati, di Pulau Batanta anda juga dapat menemukan bangkai pesawat perang dunia II. Lokasi ini juga menjadi primadona para wisatawan. 



Transportasi

Untuk menikmati keindahan Pulau Batanta anda harus sampai ke Raja Ampat dengan melakukan penerbangan terlebih dahulu menuju Sorong dari Jakarta atau Bali dengan transit di Makassar. Dari bandara anda dapat menuju ke Dermaga Sorong, yang merupakan pintu menuju Kabupaten Raja Ampat. Dari Dermaga Sorong anda dapat menggunakan  kapal wisata, kapal milik pemerintahan setempat ataupun menggunakan speed boat untuk sampai ke Pulau Batanta.

Anda dapat menyewa speed boat dengan biaya 5Juta/ hari. anda bisa langsung mengunjungi Pulau Batanta tanpa harus ke Waisai terlebih dahulu. Anda juga dapat menggunakna kapal milik pemerintahan dengan biaya Rp.120.000/ orang, dengan rute Sorong-Weisei. Kapal ini berlayar sekali satu hari pada jam 14.00 Wit, dengan waktu tempuh 2 sampai 3 jam. Setelah itu anda dapat melanjutkan dengan perahu nelayan lokal dengan biaya Rp.100.000. Anda dapat menentukannya sendiri sesuai keinginan anda karena menuju Pulau Batanta sudah tidak terlalu jauh lagi, sekitar 30 menit.

Dari Dermaga Pulau Batanta anda dapat naik speed boat untuk menuju Desa Arefi yang berada di sisi lain Pulau Batanta. Sesampainnya disana, anda tinggal mengikuti aliran sungai yang mengalir dari aliran sungai hutan bakau yang berlokasi di pedalaman Pulau Batanta. Anda harus berhati-hati karena medan yang di lalui sangat licin karena memasuki hujan bakau yang berlumpur. Air sungainya tidak terlalu dalam jadi anda dapat menempuhnya dengan berjalan kaki. Setelah menyelusuru sungai sekitar 30 menit anda akan sampai di Air Terjun Batanta. Sebaiknya saat berkunjung bawalah bekal yang cukup, Karena disana tidak ada yang menjual makanan.


Dengan keindahan Air Terjun dan hutan yang indah, menjadikan Pulau Batanta Layak untuk anda kunjungi saat liburan, Jika anda berkunjung ke Raja Ampat jangan lupa untuk mengunjungi 3 Pulau lainnya. Dan bagi anda yang menginginkan berlibur ke pulau yang berada di Papua. Baca disini





0 Response to "Air Terjun Batanta Raja Ampat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel