Fakta Unik Lembah Baliem

Fakta Unik Lembah Baliem - Lembah Baliem adalah lembah yang terletak di jantung Papua dan masih merupakan daerah yang sangat tradisional. Terletak di antara pegunungan Cyclops di Wamena ini membuat penduduk sedikit tertinggal dalam hal perkembangan peradaban. Walaupun Lembah Baliem sangat pelosok tapi tempat ini sangat indah sangat cocok bagi anda yang membutuhkan tempat untuk menenangkan diri, sebagai salah satu wisata deso yang sangat banyak di kunjungi wisatawan di Papua, anda juga harus tau tentang Raja Ampat, Danau Sentani, Desa Sauwandarek yang merupakan wisata terpopuler di Papua yang pastinya sangat cocok bagi anda pecinta lingkungan yang asri laut yang terawat, yaaa patinya wisata deso bangat. Bisa jadi anda juga sudah tau tentang lembah baliem, Tapi apakah anda tau tentang fakta unik lembah baliem?

Lembah Baliem dihuni oleh suku Dani, dan dua suku asli lainnya, suku Yali dan Lani. Lembah Baliem dan suku Dani sudah terkenal di berbagai negara di dunia. Jika anda sudah tahu tentang Lembah Baliem, Anda juga harus melihat lima fakta unik tentang lembah Baliem dan suku Dani yang mungkin tidak Sobat ketahui. Ini lah fakta unik Lembah Baliem, di antaranya:




1. Pusat pendidikan agama Islam terbesar di Papua





Fakta Unik Lembah Baliem
Islam Papua


Babi dan anjing menjadi mayoritas hewan peliharaan bagi masyarakat Papua. Ini memberi kesan bahwa agama yang mereka anut adalah non-Muslim. Namun kenyataannya, di distrik Walesi, yang juga merupakan daerah Lembah Baliem, orang-orang disana beragama Muslim dan merupakan muslim terbesar di Tanah Papua. Walesi merupakan pusat belajar agama Islam untuk  suku Dani. Di sini ada madrasah dan presenter.


Perbedaan agama ini tidak menjadi perpecahan. Mereka bisa hidup berdampingan satu sama lain. Bahkan tidak sedikit dari keluarga mereka yang menganut perbedaan keyakinan. Islam memberikan banyak makna dan sekarang semakin banyak pemeluk Islam di Tanah Papua. Jika tradisi adat 'membakar batu' yang dilakukan Suku Yuli dan Lani di Papua dengan menggunakan daging babi, Muslim di Walesi Papua menggantinya dengan daging ayam. Luar biasa bukan. Itulah salah satu Fakta Unik Lembah Baliem.



2. Festival Lembah Baliem






Fakta Unik Lembah Baliem
Fastival Lembah Baliem


Festival Lembah Baliem adalah perang antara Dani, Lani, dan Yali. Perang antar suku tentu aman untuk ditonton. Bahkan acara Fastifal ini sangat menarik perhatian banyak turis lokal maupun dunia. Acara ini berlangsung selama 3 hari dan diadakan setiap bulan Agustus sebelum perayaan kemerdekaan Indonesia.


Daya tarik ini sangat positif bagi warga Lembah Baliem yaitu 'yogotak hubuluk motog hanaro' yang berarti 'harapan untuk besok yang harus lebih baik dari hari ini. Sangat unik bukan?!




3. Tradisi memotong jari dan mandi lumpur





Fakta Unik Lembah Baliem
Ritual Potong Jari



Tradisi motong jari sudah berlangsung lama, dilakukan oleh suku Dani. Merupakan ekspresi kesedihan atas kehilangan keluarga yang dilakukan suku Dani dengan cara memotong jari . Ini adalah simbol rasa sakit dan merupakan rasa sakit yang mereka rasakan. Karena bagi Suku Dani, jari-jarinya melambangkan harmoni, persatuan, dan kekuatan dalam diri manusia.


Pemotongan jari ini seorang diri dengan memotongnya dengan benda tajam, digigit sampai patah atau mengikatnya dengan sepotong tulang sampai jari terlepas dan setelah itu di potong. Kedengarannya memang sangat mengerikan. Namun, seiring berjalannya waktu, aksi pemotongan jari itu semakin ditinggalkan.


Selain memotong jari, ada juga Tradisi mandi lumpur yang memberi arti bahwa setiap manusia yang mati akan kembali ke tanah. Ini sangat unik dan belum tentu ada di tempat lain, sangat Unik bukan, tentunya juga sangat menyeramkan.




4. Pasir putih yang belum terjamah di Lembah Baliem






Fakta Unik Lembah Baliem
Pasir Putih Lembah Baliem



Lembah Baliem merupakan bentuk perbukitan hijau yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Namun, Taukah Sobat di atas sini terlihat seperti pemandangan pantai dengan pasir putih. Tekstur pasir putih di Lembah Baliem persis sama dengan pasir yang ada di pantai dan bahkan terasa asin padahal Lembah Baliem jauh dari danau ataupun Laut. Tapi ada fakta unik dibalik pasir puti di Bukit Baliem loh !!



Tidak hanya pasir putih yang memperkuat bahwa Lembah Baliem dulunya adalah danau. Lembah Baliem juga memiliki batu-batu granit yang menonjol dari tanah. Dikatakan bahwa daerah ini dulunya sebuah danau. Tetapi karena gempa bumi, ada perubahan alam diakibatkan ada pergeseran lempeng-lempengan bumi.





5. Pesta Bakar Batu




Fakta Unik Lembah Baliem
Pesta Bakar Batu



Ini adalah perayaan atau pesta yang dilakukan oleh suku Dani di Lembah Baliem ketika mereka menemukan kelahiran, pernikahan, kematian, ucapan syukur, atau euforia setelah perang. Antarmuka pemrograman yang unik yang dibuat tidak menggunakan antarmuka pemrograman perkuliahan, tetapi dengan menggesek 2 kayu untuk menyebabkan antarmuka pemrograman, yang kemudian digunakan untuk membakar batu. Batu disusun di atas tumpukan daun yang akan dimasukkan ke dalam ubi jalar atau babi untuk dimasak. Kegiatan pembakaran batu membutuhkan bantuan timbal balik yang kuat. Di sinilah bentuk harmoni terlihat layu.


6. Mumy



Fakta Unik Lembah Baliem
mumy suku dani


Tidak hanya di mesir saja yang memiliki kebiasaan memumykan jasad manusia yang telah meninggal. Ternyata Indonesia pun memiliki kebiasaan yang sama, tepatnya di Lembah Baliem. Di Lembah Baliem terdapat mumy yang berusia 300 tahun lebih yang masih di simpan dan terawat di seja jiwika, wamena, Papua. Memumykan manusia yang berjasa di Lembah Baliem untuk mengingat jasanya merupakan sebuah tradisi suku Dani yang sekarang semakin mengikis dan hanya menjadi objek wisata saja. Sebenarnya sangat menyeramkan tapi sangat unik juga, itulah Fakta Unik Lembah Baliem yang dapat membuat anda terkejut dan membuat bulu kuduk merinding.


Untuk mencapai Lembah Baliem anda dapat membeli tiket penerbangan menuju Bandara  Wamena yang merupakan Ibu Kota di Lembah Baliem. 


Bagaimana dengan fakta unik lembah baliem? sangat unik bukan? bahkan belum tentu ada di bagian Dunia manapun. Dengan demikian itulah salah satu tempat wisata di indonesia yang sangat unik dan juga mengerikan, tentunya sangat cocok untuk tujuan anda berlibur.  Selain dapat menikmati keindahan alam Papua, anda juga tau keunikan masyarakat Lembah Baliem, Papua. Selain itu tempat ini sangat cocok bagi anda yang menginginkan tempat yang asri, indah walaupun di antara pegunungan tapi wisata deso yang satu ini pantas untuk anda jkumjumgi. Jika anda pecinta Diving anda juga dapat mengunjungi Pulau Misool yang berada di Raja Ampat, Pulau Misool merupakan tempat diving terbaik di Dunia. Semoga bermanfaat dalam menentukan tempat wisata yang sesuai Sobat inginkan. Selamat Berlibur

0 Response to "Fakta Unik Lembah Baliem"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel