Keindahan Desa Sauwandarek

Keindahan Desa Sauwandarek - Desa Sauwandarek merupakan desa kecil yang  berada di Raja Ampat, Lantas siapa yang tidak kenal denga Raja Ampat? Raja Ampat merupakan salah satu pulau yang berada di Indonesia Timur tepatnya di Papua. Keindahan alam dan keindahan bawah lautnya telah diakui di seluruh dunia. Bahkan para wisatawan memberi julukan "Raja Ampat Surganya Dunia" dan tahu kah Anda Raja Ampat dinobatkan sebagai The Best Dive and The Best Snorkel Site dan wisata bahari Raja Ampat merupakan tempat penyelaman terbaik di Dunia dan Desa Sauwandarek merupakan salah satu surga dunia yang berada di Raja Ampat. Raja Ampat merupakan sebuah Kabupaten di Papua dengan Ibu Kota Wasai, Raja Ampat terdiri dari empat gugusan pulau besar yaitu Misool, Batanta, Waigeo, Salawati.

Pasti bagi Anda pecinta travelling sudah mengetahui keindahan alam bawah lautnya yang merupakan pusat Diving dan Snorkeling wisatawan, bahkan disini adalah tempat penyelaman terbaik di Dunia.


Namun tau kah Anda, dengan keindahan Desa Sauwandarek yang berlokasi di Distrik Meos Mansar, Raja Ampat. Walaupun tak sepopuler 4 gugusan pulau besar, Namun Keindahan Desa Sauwandarek dapat memikat hati anda. Dengan keindahan bawah lautnya yang mempesona dan beranekaragam biota laut seperti kuda laut mini, udang mantis, blue ring octopus, ikan mandarin, ikan kakap, dan ekor kuning dapat kita temui di Desa Sauwandarek. Tidak jarang banyak wisatawan yang bertemu dengan barakuda dan gerombolan ikan tuna ketika sedang menyelam. Keindahan Desa Sauwandarek menambah keeksotisan Raja Ampat.



Desa Sauwandarek merupakan desa kecil yang  berada di Raja Ampat
Desa Sauwandarek

Oleh karena itu ketika anda sampai di pantai sauwandarek anda harus langsung menikmati keindahan desa sauwandarek dengan snorkeling dan diving. Dsa Sauwandarek berada di Selat Dampir yang memiliki beberapa titik Diving, tentunya anda harus memiliki banyak waktu untuk menikmati keindahan Desa Sauwandarek. Disini masih sangat tradisional, rumah penduduk terbuat dari kayu dan beratapan jerami.



Desa Sauwandarek merupakan desa kecil yang  berada di Raja Ampat
Kerajinan Noken

Selain menawarkan keindahan bawah lautnya, Desa Sauwandarek juga menawarkan budaya dan kerajinan yang tak kalah menarik dari keindahan bawah lautnya. Diantaranya kerajinan pembuatan noken yang merupakan alat tradisional turun temurun di beberapa daerah Papua, kerajinan Noken khas Papua ini sangat cocok untuk dijadikan kenang-kenangan atau oleh-oleh untuk keluarga tercinta.

Ada satu tempat lagi yang merupakan tujuan wisata di Desa Sauwandarek.

Tempat itu adalah sebuah telaga, Masyarakat biasa menyebutnya Telaga Yenauwyau. Telaga ini airnya asin, konon dahulu ada gua yang menghubungkan telaga dengan laut. Konon di telaga ini ada sosokpenghuninya berupa Penyu Putih. Masyarakat meyakini jika ada yang melihat sosok Penyu Putih itu maka orang tersebut akan beruntung.

Di telaga ini terdapat pemandanhgan yang indah dan terdapat satu dermaga yang dapat dijadikan tempat untuk beristirahat setelah melakukan perjalanan dari Desa ke Telaga ini. Anda juga dapat melihat Burung Maleo Waigeo yang merupakan burung asli wilayan Sauwandarek ini.

Transportasi

Bagi anda yang ingin menikmati keindahann Dasa Sauwandarek, di Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Anda dapat menuju ke Raja Ampat dengan melakukan penerbangan menuju Sorong, jika dari Jakarta anda harus melakukan transit terlebih dahulu di Makassar.

Ada beberapa penerbangan yang dapat anda pilih untuk menuju Desa Sauwandarek diantaranya Merpati air, Express Air, Lion Air. Untuk transportasi laut, Kapal yang transit di Pelabuhan Sorong adalah Dorolonda. 

Seletah itu anda dapat menuju Dermaga Sorong unntuk melanjutkan perjalanan ke Wasai yang merupakan Ibu Kota Raja Ampat. Dengan mengunakan kapal reguler yang memakan waktu 2-3 jam dengan biaya Rp.100-125 Ribu. Sesampainnya di Wasai anda dapat menyewa speed boat untuk menuju Desa Sauwandarek dengan biaya Rp. 300 Ribu. Atau jika anda tidak ingin berlama lama di perjalanan anda dapat menyewa speedboat dari Dermaga Sorong ke Desa Sauwandarek tanpa transit dahulu di Wasai, biaya sewa speedboat Rp. 5 Juta/ Hari dengan memakan waktu 3-4 Jam. Walaupun biaya yang di keluarkan cukup banyak, tapi semua itu akan terbayarkan ketika anda sampai di Desa Sauwandarek dan menikmati alam bawah laut desa sauwandarek.


Itu lah sedikit informasi tentang desa sauwandarek yang sangat indah dan Pastinya Desa Sauwandarek harus anda kunjungi saat berlibur ke Raja Ampat jika tidak pasti liburan anda terasa belum afdol. Semoga dapat menjadi rujukan anda untuk berwisata ke desa sauwandarek, Jika anda tidak suka dengan Diving dan Snorkeling anda dapat menikmati keindahaan alam di Pulau Waigeo untuk menikmati keindahan hutan rimba.

3 Responses to "Keindahan Desa Sauwandarek"

  1. tempat wisata papua luar biasa yah k, apalagi dengan keindahan Desa Wisata Sauwandarek luar biasa kak ciptaan sang khalid

    ReplyDelete
  2. tapi jogja juga ga kalah keren kaa #wargajogja

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel