Cara Menggunakan Google Search Console Tools

Cara menggunakan Google Console atau Webmaster Tool merupakan sebuh dashboard yang disediakan oleh Google secara gratis untuk membantu sobat memantau, mengolah, mempertahankan keberadaan situs sobat dihasil Pencarian Google Search Engine.

Sebenarnya seorang blogger tidak perlu mendaftarkan blognya ke Google Search Console agar dapat terindeks oleh Google Search Engine. Namun dengan mendaftarkan blog sobat di Google Searcg Console dapat membantu sobat memahami bagaimana status pengindeksan situs di Google Search Engine, serta mengoptimalkan kinerja di Google Search Engine.


Mengapa Harus Mendaftarkan situs ke Google Console?


  1. Memantau dan mengatasi masalah spam atau malware sehingga situs tetap bersih
  2. Mengetahui situs lain yang ditaukan dengan situs sobat (backlink)
  3. Mengetahui apakah situs sobat berjalan dengan baik dan nyaman di lihat dengan perangkat mobile
  4. Mempertahankan situs sobat agar tetap berada di mesin pencarian 
  5. Dan Lainlain.


Jadi bagi kamu yang ingin memutuskan untuk membuat blog atau situs dan dapat terindeks dengan baik oleh Google Search Engine, Google Search Console merupakan Tool yang harus kalian kuasai.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit tentang Google Console, Semoga sobat dapat memahaminya dan membantu agar situs sobta terindeks oleh Googpe Search Engine.


Mendaftarkan Situs di Google Search Console


Sebelum mendaftar Google Search Console sobat harus memiliki akun gmail terlebih dahulu. Jika sudah memiliki akun google silkaan login dan klik Google Console. Lalu akan muncul




  1. Pasikan telah login dengan gmail yang akan digunakan
  2. Masukan Domain situs/ blog sobat lengkap dengan http:// atau htpps://
  3. Lalu pilih Tambahkan Properti

Setelah Tambah Properti, Google Search Consule akan mengirimkan email ke akun email sobat guna untuk meningkatkan performa situs/ blog sobat, Silakan buka gmail sobat, Isi emial seperti gambar dibawah.




Untuk menambah performa situs atau blog yang akan kita bahas hanya 3 item yaitu,  Pilih Negara, Sitemap dan Mengaitkan Google Search Console dengan Google Analytics.

  1. Pada Pilih Negara Silakan sobat klik, Lalu pilih Negara yang sobat iginkan untuk Target situs/ blog sobat
  2. Pilih Kirimkan Peta Situs Lalu akan muncul tampila seperti gambar >> Pilih Tambahkan Peta Situs >> ketik sitemap.xml >> Kirim ( lalu segarkan)

Mengenal Fitur-Fitur di Google Search Console


Google Search Console mempunyai banyak fitur yang bisa kita manfaatkan. Fitur-fitur ini ada yang sangat penting, ada juga yang menurut saya kurang penting.
Di sebelah kiri layar (sidebar), ada 8 menu utama yang bisa Anda explore yaitu :
  1. Dasbor (Dashboard)
  2. Pesan (Messages)
  3. Tampilan Penelusuran (Search Appearance)
  4. Lalu Lintas Penelusuran (Search Traffic)
  5. Google Indeks (Google Index)
  6. Perayapan (Crawl)
  7. Masalah Keamanan (Security Issues)
  8. Sumber Daya Lainnya (Other Resources)

Mari kita kupas satu-persatu.

1. Dashbor (Dashboard)

Disini sobat bisa melihat rangkuman Laporan Statistik dari situs/ blog sobat. Laporan Statistik yang akan tampil  dari situs/ blog soabt adalah Kesalahan Perayapan,  Telusuri Analytics dan Peta Situs yang menampilkan URL yang telah terkirim dan terindeks oleh Google Search Engine
Statistik dibawah ini nantinya juga bisa Anda temukan di masing-masing menu yang berkaitan.


2. Pesan (Messages)


Disini sobat akan mengetahui berbagai info tentang situs/ blog sobat. Dari Pemberitahuan tentang perkembangan situs/ blog sampai Pemantauan Lalu Lintas di Google Search Engine.

3. Tampilan Penelusuran (Search Appearance)


Disini sobat langsung disajikan bagaimana website sobat tampil di halaman pencarian Google Search Engine. Pada Tampilan Penelusuran terbagi dari beberapa sub menu diantaranya Data Terstruktur, Kartu Rich, Penyorot Data, Penyempurnaan HTML, dan Laman Seluler yang Dipercepat.



Data Terstruktur (Structured Data)

Sub-menu ini menampilkan information terstruktur dari site sobat (berdasarkan Schema.org) yang terdeteksi oleh Google. Jika ada halaman dengan information terstruktur yang mistake, juga akan ditampilkan di sub menu ini. 
Tidak semua site membutuhkan information terstruktur. Information terstruktur biasanya dipakai oleh web-web besar untuk menampilkan hasil pencarian yang lebih easy to understand di web crawler. Untuk web-web kecil, information terstruktur yang withering sering ditampilkan adalah breadcrumb. 

Kartu (Rich Cards) 
Hampir sama seperti information terstruktur, Kartu Rich memberikan opsi tampilan yang lebih variatif di internet searcher, yaitu dalam bentuk merry go round. 

Penyorot (Data Highlighter) 
Masih berhubungan dengan dua sub menu diatas (Data Terstruktur dan Kartu Rich), Penyorot Data digunakan untuk merubah rich bit yang tampil di hasil pencarian Google secara manual tanpa harus merubah kode/content yang ada di site sobat. 
Jika situs/ blog sobat tidak mempunyai organized information seperti audits, occasion, atau neighborhood professional references, Anda tidak membutuhkan fitur ini. 

Penyempurnaan (HTML Improvements) 
Sub menu Penyempurnaan HTML memperlihatkan masalah-masalah yang terjadi di site sobat ketika robot Google melakukan slithering dan ordering. 
3 elemen penting yang disorot di sub-menu Penyempurnaan HTML ini adalah : 
Masalah pada Judul (Title issues) : Masalah pada Judul/Title di site sobat, seperti duplikat title tag, title yang terlalu pendek, title yang terlalu panjang, title yang hilang dan sebagainya. 
Masalah pada Deskripsi (Meta depiction issues) : Masalah pada meta deskripsi di site sobat, seperti meta deskripsi yang duplikat, meta deskripsi yang terlalu pendek, dan sebagainya. 
Masalah pada konten yang tidak terindex (Non-indexable substance) : Masalah pada konten yang tidak terindex di site sobat seperti video, gambar, dan sebagainya.

Laman Seluler yang Dipercepat (Accelerated Mobile Pages) 
Laman Seluler yang Dipercepat (Accelerated Mobile Pages) atau biasa disingkat AMP adalah proyek open source terbaru dari Google yang bertujuan untuk membuat site menjadi lebih ringan dan cepat ketika diakses dari perangkat versatile. 
Jika Anda sudah menerapkan AMP di site sobat, maka di sub menu sobat akan melihat jumlah halaman AMP yang sudah di indeks oleh Google, termasuk halaman-halaman AMP yang terdeteksi mengalami mistake.

4. Lalu Lintas Penelusuran (Search Traffic)

Disini sobat langsung disajikan dengan website sobat yang berhubungan langsung dengan trafik, backlink, internal link dan lain lain. Lalu Lintas Penelusuran mempunyai 6 sub-menu yaitu Telusuri Analytics, Tautan ke Situs Anda, Tautan Internal, Tindakan Manual, Penargetan Internasional dan Kebergunaan Seluler.


Telusuri Analytics (Search Analytics)

Sub menu ini adalah salah satu fitur withering penting yang ada di Google Search Console. Disini sobat bisa melihat information statistik kunjungan (trafik) yang masuk ke site mulai dari kueri atau individualized organization kunci yang digunakan pengunjung, jumlah klik, rasio klik-tayang (RKT) atau yang lebih dikenal dengan istilah CTR, hingga posisi/peringkat site sobat di web index untuk tiap-tiap customized structure kunci yang dipakai pengunjung. 

Tautan ke Situs Sobat (Links to Your Site) 
Sub menu ini menampilkan information tentang backlink yang masuk ke site sobat. Site yang withering banyak memberikan backlink, halaman di site sobat yang withering banyak mendapat backlink dan grapple content – stay content dari backlink tersebut ada disini. 

Tautan (Internal Links) 
Sub menu ini menampilkan information inner connection (interface antar halaman) di site sobat. 

Tindakan (Manual Actions) 
Sebaiknya sobat berharap isi dari sub menu ini selalu kosong. Karena jika ada peringatan tindakan manual disini, berarti site sobat terindikasi webspam dan harus siap 'bersih-bersih' agar terhindar dari punishment. 

Penargetan Internasional (International Targeting) 
Sub menu ini digunakan untuk menargetkan pengunjung site sobat berdasarkan setelan lokasi dan bahasa. Di sub-menu ini ada 2 tab yaitu "Bahasa" dan "Negara".

Untuk tab "Bahasa" tidak perlu Anda setting apa-apa jika site Anda hanya terdiri dari satu bahasa. 
Lain halnya jika Anda mempunyai web berbahasa Inggris, kemudian Anda ingin membuat versi bahasa Indonesia dari site tersebut misalnya saja di index namadomain.com/id. Jika seperti ini, Anda harus menggunakan tag hreflang="id" dibagian header dari namadomain.com/id tersebut. 
Di bagian "Negara", Anda bisa memilih negara sesuai dengan pengunjung site yang Anda target. 

Kebergunaan Seluler (Mobile Usability) 
Sub-menu ini menampilkan halaman-halaman di site Anda yang masih belum portable benevolent disertai dengan permasalahannya. Masalah-masalah atau isu yang sering terjadi berkaitan dengan kebergunaan seluler adalah : 
  • Elemen yang dapat diklik terlalu berdekatan satu sama lain 
  • Region pandang tidak disetel 
  • Teks terlalu kecil untuk dibaca 
  • Konten lebih lebar dari layar 
  • dan sebagainya


5. Google Indeks (Google Index)

Google Indeks menampilkan berbagai macam data dari hasil crawling dan indexing bot Google di situs/ blog sobat. Menu ini terdiri dari 4 sub-menu yaitu Status Indeks, Kata Kunci Konten, Sumber Daya yang Diblokir, dan Hapus URL.

Status Indeks (Index Status)


Sub-menu ini menampilkan jumlah halaman di site Anda yang sudah di list Google. Disini Anda juga bisa melihat jumlah halaman yang dicekal (halaman yang tidak dimasukkan record karena dibatasi oleh robots.txt). 

Individualized structure Kunci Konten (Content Keywords) 
Sub-menu ini menampilkan individualized structure kunci – customized organization kunci (catchphrases) yang menurut Google relevan dengan site Anda. 
Perlu diingat, ini tidak ada hubungannya dengan positioning Anda di SERP untuk individualized structure kunci – customized organization kunci tersebut. Individualized organization kunci konten ini hanya menampilkan watchword catchphrase yang withering sering muncul di site Anda ketika Googlebot melakukan creeping dan ordering. 

Sumber Daya yang Diblokir (Blocked Resources) 
Sub-menu ini menampilkan assets yang diblokir di site Anda (dari robots.tx) seperti javascript, CSS, JQuery, document picture dan sebagainya. 
Pastikan Anda tidak memblokir akses ke berbagai assets di site Anda melalui robots.txt agar robot Google bisa dengan mudah melakukan creeping dan ordering. 

Hapus URL (Remove URLs) 
Sub-menu ini digunakan jika Anda ingin menghapus salah satu halaman di site Anda dari indeks Google. Jika Anda mempunyai halaman yang menurut Anda tidak SEO agreeable, konten yang seharusnya tidak tampil di mesin pencari dan sebagainya, Anda bisa menggunakan fitur ini. 

6. Perayapan (Crawl) 
Menu ini menampilkan segala hal berkaitan dengan perayapan (creep) yang dilakukan oleh robot Google di site Anda. Menu Perayapan terdiri dari 4 sub-menu yaitu Kesalahan Perayapan, Statistik Perayapan, Ambil sebagai Google, Penguji robots.txt, Peta Situs, dan Parameter URL.
Kesalahan Perayapan (Crawl Errors) 
Sub-menu ini menampilkan information kesalahan yang terjadi di site sobat ketika robot Google melakukan perayapan dalam 90 hari terakhir seperti kesalahan DNS, konektivitas server, pengambilan robots.txt, halaman-halaman 404, dan sebagainya. 

Statistik Perayapan (Crawl Stats) 
Sub-menu ini menampilkan statistik perayapan dalam 90 hari terakhir mulai dari halaman yang dirayap perhari, information yang diunduh perhari dan waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh sebuah halaman. 

Ambil sebagai Google (Fetch as Google) 
Sub-menu ini berfungsi untuk mensimulasikan cara robot Google (Googlebot) merayapi dan merender (menyajikan dalam bentuk visual) site sobat. 
Sub menu ini juga biasa digunakan para pemain SEO untuk mempercepat ordering site sobat. 

Penguji (robots.txt Tester) 
Sub menu ini digunakan untuk menguji apakah record robots.txt di site sobat sudah benar dan tidak memblokir halaman/asset yang penting. 
Jika sobat ingin menghalangi Googlebot merayapi salah satu direktori di site sobat, sobat bisa mengaturnya melalui robots.txt dan menguji pemblokiran tersebut sudah benar atau belum di sub-menu ini. 

Peta Situs (Sitemaps) 
Sub menu ini digunakan untuk mengirim peta situs (sitemap) agar Googlebot lebih mudah menemukan halaman-halaman baru di site sobat. 

Disini sobat bisa melihat halaman situs/ blog yang sudah terkirim dan yang telah terindeks oleh Google Search Engine. Untuk menambahkan sitemap silakan klik Tambah Peta Situs pada search klik sitemap.xml >> kirim
Parameter (URL Parameters) 
Seperti peringatan yang ada di sub-menu ini : Gunakan fitur ini hanya jika sobat yakin bagaimana parameter bekerja. Kesalahan mengecualikan URL dapat menyebabkan banyak laman tidak muncul dalam penelusuran. 
Saya sendiri kurang yakin bagaimana Parameter URL ini bekerja. 
Kecuali sobat adalah seorang yang mengerti dengan bahasa pemrograman, sebaiknya jangan mengutak-atik fitur ini. 

7. Masalah Keamanan (Security Issues) 
Jika ada masalah penting tentang keamanan di site sobat, biasanya ada pemberitahuan di menu ini. Masalah keamanan yang withering sering terjadi adalah adanya malware, content mencurigakan atau situs yang diretas (hacking). 

8. Sumber Daya Lainnya (Other Resources) 
Menu ini menampilkan layanan-layanan Google lainnya yang bisa Anda pakai untuk membantu mengoptimalisasi site sobat. 

Layanan-layanan tersebut antara lain : 
  1. Alat Pengujian Data Terstruktur (Structured Data Testing Tool) 
  2. Pemandu Markup Data Terstruktur (Structured Data Markup Helper) 
  3. Penguji Markup (Email Markup Tester) 
  4. Google Bisnisku (Google My Business) 
  5. Google Merchant Center 
  6. PageSpeed Insights 
  7. Penelusuran Khusus (Custom Search) 
  8. Google Domain (Google Domains) 
  9. Akademi (Webmaster Academy) 




Bagaimana, Sobat sudah paham bukan? Sekarang sobat telah mengetahui Cara Menggunakan Google Search Console serta fungsi dan manfaat Google Search Console untuk meningkatkan situs/ blog di mesin Pencarian Google. Terimakasih sudah membaca dan teruslah berusaha meningkatkan pengetahuan tentang blog.

sumber travelnewspopuler

0 Response to "Cara Menggunakan Google Search Console Tools"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel