Cendrawasih Nasional Park, Papua Barat



Cendrawasih Nasional Park, Papua Barat - Cendrawasih Nasional Park adalah taman nasional dengan perairan terbesar di Indonesia. Taman Nasional Teluk Cenderawasih terletak di Papua atau lebih tepatnya di Papua Barat. Kekayaan biota laut adalah karakteristik yang sangat indah dari taman laut dengan perairan terluas di Indonesia. Sebagai perwakilan dari ekosistem pesisir, terumbu karang, hutan tropis dan bakau, Cendrawasih Nasional Park Papua Barat telah menjaga keindahannya selama beberapa dekade.


Apa yang Anda bisa lakukan di Cendrawasih National Park?




Snorkeling dan Diving



Taman Nasional Teluk Cendrawasih yang terkenal dengan keindahan biota lautnya sangat kaya. Bisa dibilang Cendrawasih Nasional Park Papua Barat dapat dibandingkan dengan keindahan Raja Ampat yang menjadi surga penyelam dari seluruh dunia. Bahkan di Cendrawasih Nasional Park Papua Barat Anda akan dapat menikmati lebih banyak keanekaragaman hayati daripada Raja Ampat.





Taman Nasional Teluk Cenderawasih terletak di Papua atau lebih tepatnya di Papua Barat. Kekayaan biota laut adalah karakteristik yang sangat indah dari taman laut dengan perairan terluas di Indonesia.
Cendrawasih Nasional Park



Karena banyaknya tempat menyelam di Cendrawasih Nasional Park Papua Barat, penyelam biasanya akan menggunakan kapal yang bisa di jadikan penginapan atau tinggal di bahtera untuk dapat menjelajahi semua lokasi penyelaman di TCendrawasih Nasional Park Papua Barat. 

Wisata bahari di Cendrawasih Nasional Park Papua Barat tersebar di beberapa lokasi di mana terdapat lebih dari 209 spesies ikan. Diantaranya adalah anemonefish, rabbitfish, parrotfish, damselfish, angelfish, butterflyfish, cockatoo waspfish, wobbegongs, bumphead parrotfish, hiasan pipefish hantu, putri duyung, paus biru, batok kelapa, lumba-lumba dan hiu paus yang dibintangi atraksinya.


Beberapa tempat menyelam dan snorkeling di Cendrawasih Nasional Park Papua Barat adalah Pulau Rumberpon, Nusrowi, Mioswaar dan Roon. Selain menjadi tempat menyelam, Taman Nasional Teluk Cendrawasih juga merupakan kawasan konservasi untuk 4 jenis penyu. Diantaranya adalah penyu belimbing, berongga, hijau dan sisik. Selain kura-kura, di Taman Nasional Teluk Cendrawasih juga terdapat banyak moluska yang menyerupai kerang raksasa, triton trompet, conic conch, conch strombidae, dan conch cowries.



Taman Nasional Teluk Cenderawasih terletak di Papua atau lebih tepatnya di Papua Barat. Kekayaan biota laut adalah karakteristik yang sangat indah dari taman laut dengan perairan terluas di Indonesia.
Cendrawasih Nasional Park


Hal yang paling menarik bagi penyelam di Cendrawasih Nasional Park Papua Barat adalah keberadaan hiu paus hiu yang terletak di Kwatisore. Di sini kita bisa snorkeling dan menyelam sangat ramah dengan binatang raksasa yang mencapai panjang sekitar 14 meter. Ramah dengan hiu paus ini sangat kondusif karena mereka hanya makan ikan puri kecil atau plankton. Dan cara memanggil mereka adalah dengan menggali ikan puri yang bisa kita lemparkan ke laut, maka hiu paus yang indah akan mengumpulkan dari laut. Namun, sedekat yang pernah tidak pernah menyetuhnya, dapat menghindari dari hal - hal yang tidak diinginkan.



Trekking


Jika Anda menyukai pemandangan yang indah dan pengamatan hewan, maka Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah pilihan yang sempurna bagi Anda untuk bersenang-senang. Karena di Cendrawasih Bay National Park banyak sekali lokasi - lokasi untuk melihat keragaman fauna dan flora. Ditambah ratusan burung camar yang menghiasi perbukitan hijau di Cendrawasih Bay National Park menjadi latar yang begitu menawan dan indah. Dan jika matahari sudah mulai tenggelam dan Anda menyukai pemandangan matahari terbenam, maka Taman Nasional Teluk Cendrawasih adalah tempat yang cocok untuk menikmatinya, apalagi ditambah dengan minum air kelapa yang bisa Anda pilih sendiri dari pohon.



Taman Nasional Teluk Cenderawasih memiliki wilayah yang cukup luas sehingga ada beberapa lokasi yang dapat Anda kunjungi untuk menikmati pengamatan satwa secara langsung. Seperti Pulau Rumberpon di mana ada burung dan rusa, Pulau Nusrowi, Pulau Mioswaar yang Anda juga dapat berinteraksi dengan budaya masyarakat setempat, Pulau Roon dan yang terakhir adalah Pulau Yoop, Wendesi, Wasior, dan Yomber yang menjadi favorit karena dalam hal ini lokasi Anda dapat melihat ikan paus dan lumba-lumba bermain langsung.




Taman Nasional Teluk Cenderawasih terletak di Papua atau lebih tepatnya di Papua Barat. Kekayaan biota laut adalah karakteristik yang sangat indah dari taman laut dengan perairan terluas di Indonesia.
Diving Cendrawasih




Pantai Strike

Cendrawasih Nasional Park Papua Barat memang hanya memiliki area pantai sekitar 0,9% dari total kesuluruhan daerah. Namun dengan keterbatasan wilayah pesisir di Cendrawasih Nasional Park Papua Barat menghadirkan panorama yang indah, seperti Pantai Serui. Di Pantai Serui Anda dapat menikmati pantai berpasir putih yang indah, ombak yang tenang, dan air yang jernih.



Menikmati sumber air panas dan gelas alami


Jika Anda ingin bersantai sambil menikmati pemandangan alam, maka Cendrawasih Nasional Park Papua Barat adalah tempat yang cocok bagi Anda untuk datang. Karena di Taman Nasional Teluk Cendrawasih ada beberapa mata air panas. Salah satunya adalah di Pulau Mioswaar dan Tanjung Manggar. Pemandian air panas yang unik di Tanjung Manggar terletak di sebuah gua dengan kedalaman 100 kaki. Mata air panas mengandung belerang tetapi tanpa kandungan garam dan gua alami adalah peninggalan kuno.

Pilihan lain jika Anda tidak terlalu suka air hangat. Di sini Anda juga dapat menemukan gerojokan dengan air jernih dan sangat segar. Curug ini tersebar di beberapa lokasi, yaitu di Pulau Misowaar dan Pulau Roon



Sejarah SIngkat


Selain menampilkan panorama yang indah, pemandangan binatang dan tempat untuk bersantai, di pulau ini kita juga bisa menemukan ilmu wacana sejarah. Capricorn selain menerima kepuasan secara fisik, di Taman Nasional Teluk Cendrawasih kami juga dapat memperoleh pengetahuan tentang wacana sejarah.


Di sini kita dapat menemukan pesawat tempur Jepang yang jatuh di laut pada Perang Dunia II di Pulau Rumberpon. Setelah itu kita juga bisa melihat peninggalan kolonial dari abad ke-18 di pulau Yomber, Wasior, Wendesi dan Yoop. Kemudian kami juga dapat wisata budaya dan melihat gereja tua. Di gereja tua ada kitab suci yang tidak mengecewakan yang lama adalah tahun 1898, biasanya banyak orang Kristen yang mengunjungi gereja yang terletak di desa Yende, Pulau Roon. Dan yang terakhir adalah di Numfor dan Kepulauan Misowaar, di pulau ini ada gua pra-sejarah di mana ada peti berukir, piring antik dan kerangka manusia lengkap dengan lukisan pra-sejarah mereka.




Transportasi Untuk ke Cendrawasih Nasional Park Papua Barat?



Udara

Bagi Anda yang datang dari Indonesia bagian barat diantaranya Jakarta, Denpasar, Surabaya dan Makassar Anda dapat menggunakan maskapai penerbangan dari kota asal, seperti Garuda Indonesia dan Lion Air ke Biak. Selain kota ada juga Jayapura yang menyediakan maskapai penerbangan untuk bisa terbang ke Biak. Selanjutnya, setelah Anda tiba di Biak, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan air susu maskapai penerbangan ke Nabire atau Manokwari.

Bagi Anda yang tiba dari jakarta ada beberapa alternatif yang bisa Anda gunakan, yang pertama adalah menggunakan maskapai batavia ke manokwari yang kemudian dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan perahu motor yang menempuh perjalanan sekitar 95 KM.


Laut

Jika Anda lebih nyaman menggunakan jalur laut maka Anda dapat menggunakan jasa transportasi mulau dari kota Jakarta, Makassar, Surabaya dan Jayapura ke Nabire atau Manokwari. Setelah itu di sana Anda dapat mengambil longboat ke Pulau Rumberpon di Taman Nasional Teluk Cendrawasih dengan rentang waktu sekitar 6 jam lamanya.



Pilihan lain adalah menggunakan layanan kapal perintis PELNI yang biasanya berhenti di Taman Nasional Teluk Cendrawasih. Namun kapal hanya pergi ke Taman Nasional Teluk Cendrawasih sebulan sekali. Kaprikornus Jika Anda ingin menaiki kapal perintis PELNI, Anda harus mengetahui aktivitas kapal yang tak terhindarkan ke Taman Nasional Teluk Cendrawasih.


Darat

Jalur darat hanya tersedia dari Manokwari. Di sini Anda akan melakukan perjalanan darat selama 3 jam ke Ransinki, kemudian dilanjutkan dengan perahu selama 2,5 jam



Apa saja fasilitas di Cendrawasih Nasional Park Papua Barat?




Layanan Jasa


Karena tidak adanya hotel di kawasan Taman Nasional Teluk Cendrawasih, biasanya para penyelam menggunakan jasa penyelaman operator selam. Di sini kita akan menginap selama 4 - 10 hari, tergantung paket yang kita pilih.

Fasilitas yang ditawarkan langsung - kapal ini juga sangat berkualitas, karena di sini tersedia tempat tidur, makanan, air tawar, panduan menyelam dan peralatan selam dan lain-lain. Layanan Live - Kapal adalah yang paling cocok untuk mengikuti Cendrawasih Nasional Park Papua Barat, karena area dan lokasi penyelaman yang jauh dari satu sama lain kita dapat menyambangi lokasi satu per satu sambil melihat panorama laut dari kapal.


Tur pondok BTNTC atau Homestay


Jika Anda tidak ingin menghabiskan malam di kapal atau mabuk laut, maka alternatif yang ditawarkan adalah pondok wisata BTNTC yang terletak di Pulau Rumberpon. Tetapi jika Anda ingin bermalam di sini, Anda harus menghubungi BTNTC terlebih dahulu. Atau jika Anda tidak ingin direpotkan, Anda bisa bermalam di rumah-rumah yang menyewakan layanan home stay.


Resort AHE


Jika Anda seorang petualang profesional dan penyelam mencari kenyamanan, maka ada juga resor yang para manajernya adalah orang asing. Paket yang ditawarkan di resort mulai dari USD 1.120 untuk satu minggu. Dengan fasilitas mulai dari transfer, makan dan panduan.

0 Response to "Cendrawasih Nasional Park, Papua Barat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel