Wisata Bawah Laut Pulau Alor


Wisata Bawah Laut Pulau Alor - Alor adalah sebuah pulau yang terletak di ujung timur kepulauan Nusa Tenggara. Wisata Bawah Laut Pulau Alor  merupakan salah satu dari dua pulau utama di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia dengan ibukotanya yang dijuluki Kalabahi.

mempunyai keindahan alam yang dapat dinikmati secara eksklusif di daratan juga menyimpan keindahan bawah laut berupa ikan-ikan langka yang indah serta karang, terumbu karang dan tumbuhan-tumbuhan laut lainnya yang begitu sangat mempesona.



Kepulauan Alor terdiri dari 20 pulau dan 17 kecamatan. Terlepas dari nama pendeknya, Kepulauan Alor menyimpan daftar panjang kemegahan dan keajaiban bawah laut yang mempesona hingga budaya unik dari orang-orang dataran tinggi.



Wisata Bawah Laut Pulau Alor
Diving Pulau Alor



Walaupun belum sepopuler Raja Ampat atau Pulau Komodo, Di Wisata Bawah Laut Pulau Alor setidaknya terdapat 18 titik penyelaman (Baruna's Dive Site at Alor) favorit para penyelam dunia menyerupai Baruna's Point, Never-never Wall, Cave Point, Barrel Sponge Wall, Mola-mola Point, Night Snacks, Alor Expree / Alor Dreaming, Rocky Point, Three Coconut, Moving Pictures, Eagle Ray Point, Rahim's Point, Tuna Channel, Anemone Country, Sharks Reeway, Octopus Garden, Captain Choice dan Refrigerator.





Wisata Bawah Laut Pulau Alor
Bawah Laut Alor


Mereka yang telah beruntung dapat menyelam di perairan Pulau Alor menyampaikan bahwa kemegahan bawah laut Pulau Alor mengalahkan alam bawah laut Karibia. Dalam bukunya "Timur Bali" Fotografer Kal Muller menggambarkan perairan disekitar Pulau Alor sangat murni dan alami. Penuh dengan banyak sekali mahluk menarik. Ia mengganggap Wisata Bawah Laut Pulau Alor sebagai nirwana bawah laut kelas dunia. 



Selain itu, Pulau Alor juga menyimpan sejumlah tempat wisata yang mempunyai daya tarik secara kultural dan historis yang jarang dijamah dan dikunjungi oleh penduduk setempat maupun wisatawan. Salah satunya adalah adanya Alqur'an tertua dari kulit kayu yang ditulis dengan tinta ramuan tradisional yang diperkirakan telah berusia 800 tahun. Daya pikat lainnya dari Pulau Alor ada di Kampung Takpala, Sebuah desa tradisional yang dihuni oleh Suku Abui dengan contoh perkampungan linear dengan formasi rumah adatnya yang unik.




Wisata Bawah Laut Pulau Alor
Al-Qur'an Tertua




Pulau Alor juga dikenal sebagai Pulau Seribu Moko. Moko yakni teko perunggu kecil yang diyakini berasal dari Budaya Dong Son, Vietnam. Untuk mengamati artefak unik ini, Anda sanggup mengunjungi Museum Seribu Moko yang terletak di kota utama Kalabahi, Pulau Alor. Museum ini juga menampilkan koleksi tenunan Alor yang berbeda yang disebut Kawate.



Sementara bagi Anda yang menyukai petualangan, Gunung Delaki Sirung di Pulau Pantar dan Gunung Koya-Koya di Pulau Alor adalah tempatnya. Disini kepenatan yang melelahkan akan segera sirna dengan kesegaran dikala Anda melihat dan menyaksikan fenomena geologi vulkanik di Desa Air Panas dan Air Terjun Di Pulau Medan Taman Wisata Alam Tuti Adagae di Pulau Alor.



Sementara itu ranch mini peternakan rusa (terbaik dikawasan timur Indonesia) wajib untuk Anda kunjungi untuk mencicipi kesegaran dan kesegaran di alam hutan nostalgia sebagai tanda bahwa Anda pernah mengunjungi Pulau Alor yang eksotis ini. Nama dan alamat Anda akan diabadikan pada pohon yang ditanam dan akan dikenang sepanjang masa.

Perjalanan Menuju Pulau Alor


Untuk hingga ke Pulau Alor, Anda sanggup mengambil penerbangan dari Kupang, Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Dari Kupang ada beberapa maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke Bandara Mali di Kalabahi, Kota utama Pulau Alor.


Pilihan lainnya yakni dengan memakai kapal feri yang akan memakan waktu sekitar 12 jam dari kota Kupang ke Larantuka dan selanjutnya memakai bahtera kayu menuju Pelabuhan Kalabahi, Pulau Alor  dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. 

      

0 Response to "Wisata Bawah Laut Pulau Alor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel